Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

Ingat! Pendaftaran SNBP PTN Dibuka 14 Februari 2024, Kuota Terbatas Siswa Perlu Hati-hati

Ingat! Pendaftaran SNBP PTN Dibuka 14 Februari 2024, Kuota Terbatas Siswa Perlu Hati-hati

JAKARTA, (ERAKINI) - Pendaftaran Seleksi Nasional Berbasis Prestasi Perguruan Tinggi Negeri atau SNBP PTN akan dibuka pada 14-28 Februari 2024 atau bertepatan dengan Pemilu. Bagi calon mahasiswa diimbau mempersiapkan diri karena waktu dan kuota terbatas.

Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 Prof Ganefri,  pendaftaran SNBP PTN akan dibuka dengan kuota minimum 20 persen. Untuk itu, setiap PTN harus mempersiapkan sesuai kuota yang tersedia.

"Kuota untuk setiap PTN berbeda-beda, tetapi ada standar minimum yang diatur di Permendikbudristek 62 tahun 2023. Khusus SNBP PTN harus menetapkan 20 persen dari kuota yang disiapkan tiap program studi (prodi)," ujar Ganefri dalam sosialisasi SNBP yang secara daring, Senin (12/2/2024).

Ia menjelaskan, pendaftaran SNBP PTN yang akan dibuka yakni jalur nontes yang dinilai berdasarkan rapor dan prestasi lain dari siswa. Khusus untuk program studi tertentu, seperti olah raga atau seni, penilaian dilakukan berdasarkan portofolio.

"Proses pendaftaran SNBP diawali dari penetapan kuota per sekolah, dan ini sudah ditetapkan sejak 28 Desember yang lalu. Sekolah juga sudah diberikan masa sanggah hingga 17 Januari. Kalau sekolah belum finalisasi data sekolahnya, termasuk kurikulum dan nilai, juga sudah diberi kesempatan hingga sore tadi," bebernya.

Kata dia, biasanya PTN akan memberikan prioritas terhadap pilihan satu yang sudah ditentukan oleh siswa. Sebab, kalau kuotanya sudah terpenuhi pilihan satu, biasanya tidak lagi melihat lagi pilihan dua. "Artinya, mereka sudah memenuhi syarat (di pilihan satu)," tuturnya.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada para siswa agar hati-hati dalam menentukan pilihan. "Adik-adik saat menentukan pilihan, tolong betul-betul disesuaikan dengan minatnya. Ada perubahan yang terjadi juga dalam proses penyelenggaraan SNPMB di 2024 ini. Jadi khusus untuk penetapan pilihan ini harus hati-hati," ucapnya.

Berdasarkan Permendikbudristek nomor 62 tahun 2023, dijelaskan bahwa jalur masuk SNPMB 2024 terdapat tiga jalur, yaitu SNBP,  Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) atau yang dikenal dengan UTBK, dan jalur mandiri.

Khusus untuk proses pendaftaran SNBP hanya berlangsung selama dua pekan. Untuk itu, calon mahasiswa diimbau mempersiapkan diri dari sekarang agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Ganefri memastikan bahwa seleksi jalur SNBP dilaksanakan berdasarkan prinsip untuk mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas, baik secara akademik maupun prestasi lainnya.

Untuk itu, penilaian SNBP tahun 2024 sudah menggunakan kriteria seleksi nasional berdasarkan data yang jelas dengan prinsip keadilan, sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

"Kita menggunakan kriteria seleksi nasional dan telah ditetapkan oleh masing-masing PTN akademik. Panitia sudah ada rambu-rambu indikator untuk menetapkan kelulusan baik di PTN akademik, vokasi, maupun Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN),"tugasnya.

Gaya Hidup Terkini