ADVERTISEMENT / BACA JUGA
ERAKINI.ID © 2026. All rights reserved.
UMP 2025 Resmi Naik 6,5 Persen, Cek Daftar Besaran Upah Terbaru di 38 Provinsi Indonesia | ERAKINI.ID
UMP 2025 Resmi Naik 6,5 Persen, Cek Daftar Besaran Upah Terbaru di 38 Provinsi Indonesia Thomas Pulungan Senin, 2 Desember 2024 | 19:00 WIB
Presiden Prabowo Subianto resmi menaikkan upah minimum nasional atau UMP 2025 sebesar 6,5 persen dari UMP 2024. Foto: Ilustrasi/Ist
JAKARTA, (ERAKINI) - Presiden Prabowo Subianto resmi menaikkan upah minimum nasional atau UMP 2025 sebesar 6,5 persen dari UMP 2024. Kenaikan UMP 2025 cukup signifikan dibanding kenaikan UMP tahun ini.
Baca Juga:
Menurut Presiden Prabowo, keputusan final kenaikan upah minimum nasional diambil setelah melalui diskusi mendalam, termasuk dengan para pimpinan buruh. Keputusan yang diambil ini pun lebih tinggi dari rekomendasi Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), yakni 6 persen.
Ketentuan terkait penetapan upah minimum 2025 akan diatur lebih lanjut melalui Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker).
Lantas berapa besaran UMP di 38 provinsi Indonesia dengan adanya kenaikan 6,5 persen? Berikut perkiraan besaran UMP 2025 di seluruh provinsi Indonesia, dirangkum Senin (2/12/2024):
1. Aceh
UMP 2023: Rp3.413.666
UMP 2024: Rp3.460.672 (naik 1,38 persen)
UMP 2025 : Rp3.685.615
2. Sumatera Utara
UMP 2023: Rp2.710.493
UMP 2024: Rp2.809.915 (naik 3,67 persen)
UMP 2025 : Rp2.992.559
3. Sumatera Barat
UMP 2023: Rp2.742.476
UMP 2024: Rp2.811.449 (naik 2,74 persen)
UMP 2025 : Rp2.994.246
4. Sumatera Selatan
UMP 2023: Rp3.404.177
UMP 2024: Rp3.456.874 (naik 1,55 persen)
UMP 2025 : Rp3.681.570
5. Riau
UMP 2023: Rp3.191.662
UMP 2024: Rp3.294.625 (naik 3,2 persen)
UMP 2025 : Rp3.508.775
6. Bengkulu
UMP 2023: Rp2.418.280
UMP 2024: Rp2.507.079 (naik 3,38 persen)
UMP 2025 : Rp2.670.039
7. Jambi
UMP 2023: Rp2.943.000
UMP 2024: Rp3.037.121 (naik 3,2 persen)
UMP 2025 : Rp3.234.533
8. Kepulauan Riau
UMP 2023: Rp3.279.194
UMP 2024: Rp 3.402.492 (naik 3,76 persen)
UMP 2025 : Rp3.623.653
9. Bangka Belitung
UMP 2023: Rp3.498.479
UMP 2024: Rp3.640.000 (naik 4,04 persen)
UMP 2025 : Rp3.876.600
10. Lampung
UMP 2023: Rp2.633.284
UMP 2024: Rp2.716.497 (naik 3,16 persen)
UMP 2025 : Rp2.893.068
11. Banten
UMP 2023: Rp2.661.280
UMP 2024: Rp2.727.812 (naik 2,5 persen)
UMP 2025 : Rp2.905.119
12. DKI Jakarta
UMP 2023: Rp4.900.798
UMP 2024: Rp5.067.381 (naik 3,8 persen)
UMP 2025 : Rp5.396.760
13. Jawa Barat
UMP 2023: Rp1.986.670
UMP 2024: Rp2.057.495 (naik 3,57 persen)
UMP 2025 : Rp2.191.136
14. Jawa Tengah
UMP 2023: Rp1.958.169
UMP 2024: Rp2.036.947 (naik 4,02 persen)
UMP 2025 : Rp2.169.348
15. Daerah Istimewa Yogyakarta
UMP 2023: Rp1.981.782
UMP 2024: Rp2.125.897 (naik 7,27 persen)
UMP 2025 : Rp2.264.080
16. Jawa Timur
UMP 2023: Rp2.040.244
UMP 2024: Rp2.165.244 (naik 6,13 persen)
UMP 2025 : Rp2.305.985
17. Bali
UMP 2023: Rp2.713.672
UMP 2024: Rp2.813.672 (naik 3,68 persen)
UMP 2025 : Rp2.890.060
18. Nusa Tenggara Barat
UMP 2023: Rp2.371.407
UMP 2024: Rp2.444.067 (naik 3,06 persen)
UMP 2025 : Rp2.602.931
19. Nusa Tenggara Timur
UMP 2023: Rp2.123.994
UMP 2024: Rp2.186.826 (naik 2,96 persen)
UMP 2025 : Rp2.328.969
20. Kalimantan Barat
UMP 2023: Rp2.608.601
UMP 2024: Rp2.702.616 (naik 3,6 persen)
UMP 2025 : Rp2.878.286
21. Kalimantan Tengah
UMP 2023: Rp3.181.013
UMP 2024: Rp3.261.616 (naik 2,53 persen)
UMP 2025 : Rp3.473.621
22. Kalimantan Selatan
UMP 2023: Rp3.149.977
UMP 2024: Rp3.282.812 (naik 4,22 persen)
UMP 2025 : Rp3.496.194
23. Kalimantan Timur
UMP 2023: Rp3.201.396
UMP 2024: Rp3.360.858 (naik 4,98 persen)
UMP 2025 : Rp3.579.313
24. Kalimantan Utara
UMP 2023: Rp3.251.702
UMP 2024: Rp3.361.653 (naik 3,38 persen)
UMP 2025 : Rp3.775.425
25. Sulawesi Tengah
UMP 2023: Rp2.599.546
UMP 2024: Rp2.736.698 (naik 5,28 persen)
UMP 2025 :
26. Sulawesi Tenggara
UMP 2023: Rp2.758.984
UMP 2024: Rp2.885.964 (naik 4,6 persen)
UMP 2025 : Rp3.073.487
27. Sulawesi Utara
UMP 2023: Rp3.485.000
UMP 2024: Rp3.545.000 (naik 1,67 persen)
UMP 2025 : Rp3.775.425
28. Sulawesi Selatan
UMP 2023: Rp3.385.145
UMP 2024: Rp3.434.298 (naik 1,45 persen)
UMP 2025 : Rp3.657.525
29. Gorontalo
UMP 2023: Rp2.989.350
UMP 2024: Rp3.025.100 (naik 1,19 persen)
UMP 2025 : Rp3.221.731
30. Sulawesi Barat
UMP 2023: Rp2.871.794
UMP 2024: Rp2.914.958 (naik 1,5 persen)
UMP 2025 : Rp3.104.430
31. Maluku
UMP 2023: Rp2.812.827
UMP 2024: Rp2.949.953 (naik 4,88 persen)
UMP 2025 : Rp3.141.699
32. Maluku Utara
UMP 2023: Rp2.976.720
UMP 2024: Rp3.200.000 (naik 7,5 persen)
UMP 2025 : Rp3.408.000
33. Papua
UMP 2023: Rp3.864.696
UMP 2024: Rp4.024.270 (naik 4,14 persen)
UMP 2025 : Rp4.285.847
34. Papua Barat
UMP 2023: Rp3.282.000
UMP 2024: Rp3.393.000 (naik 3,38 persen)
UMP 2025 : Rp3.613.545
35. Papua Tengah
UMP 2023: Rp3.864.700
UMP 2024: Rp4.024.270 (naik 4,13 persen)
UMP 2025 : Rp4.285.847
36. Papua Pegunungan
UMP 2023: Rp3.864.696
UMP 2024: Rp4.024.270 (naik 4,14 persen)
UMP 2025 : Rp4.285.847
37. Papua Barat Daya
UMP 2023: Rp3.864.696
UMP 2024: Rp4.024.270 (naik 4,14 persen)
UMP 2025 :Rp4.285.847
38. Papua Selatan
UMP 2023: Rp3.864.696
UMP 2024: Rp4.024.270. (naik 4,14 persen)
UMP 2025 :Rp4.285.847