Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

Bangga! Anak Pedagang Kantin Ini Lulus Cumlaude S1 UIN Ar-Raniry dan Torehkan Banyak Prestasi Luar Biasa

Bangga! Anak Pedagang Kantin Ini Lulus Cumlaude S1 UIN Ar-Raniry dan Torehkan Banyak Prestasi Luar Biasa

JAKARTA, (ERAKINI) - Sosok Marjanul Hayat, lulusan baru UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, ini patut dicontoh. Melalui ketekunan, kegigihan, dan semangat yang tinggi, Marjanul Hayat telah membuktikan bahwa dengan kerja keras, mimpi apa pun bisa diwujudkan.

Marjanul Hayat menjadi salah satu wisudawan yang dikukuhkan pada Wisuda Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Gelombang I Tahun 2024 sebagai sarjana pendidikan dengan gelar S.Pd. Walaupun disibukkan dengan berbagai kegiatan organisasi dan kompetisi, namun ia berhasil meraih predikat kelulusan cumlaude dengan nilai IPK 3,76.

Kisah prestasi Marjanul Hayat menjadi inspirasi bagi banyak mahasiswa di UIN Ar-Raniry dan seluruh Indonesia. Prestasinya tidak hanya mengukir sejarah dalam lingkungan kampus, tetapi juga memberikan contoh bagi generasi muda bahwa dengan tekad yang kuat, tidak ada hal yang tidak mungkin untuk dicapai.

Salah satu motto penyemangat hidupnya adalah “Sirru al najaah fii al hayah ihsanu silah billahi ta’ala” yang berarti ‘Rahasia kesuksesan dalam hidup adalah memperbaiki hubungan dengan Allah Ta’ala.’

Marjanul Hayat merupakan salah satu mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry, Banda Aceh. Ia telah menorehkan banyak prestasi yang luar biasa selama masa studinya.

Dikutip dari laman UIN Ar-Raniry, Rabu (31/1/2024), pria kelahiran Kota Banda Aceh 1 Oktober 2001 tersebut merupakan anak ke tiga dari empat bersaudara. Ia merupakan putra dari almarhum Bahraini Aziz dan ibu Nurfajri.

Marjanul Hayat menyelesaikan pendidikan dasarnya di MIN Tungkop, Aceh Besar. Kemudian melanjutkan pendidikan menengah setara MTs dan MA di Pesantren Darul Ihsan Krueng Kalee, Aceh Besar. Ia kemudian melanjutkan pendidikan S1 di UIN Ar-Raniry.

Sejak duduk di bangku MIN ia telah menunjukkan bakatnya dengan mengikuti berbagai perlombaan. Di bangku kuliah, Marjanul Hayat dikenal sebagai sosok yang penuh dedikasi dan semangat. Marjanul Hayat telah mengukir prestasi gemilang di berbagai bidang, baik di organisasi maupun berbagai kompetisi perlombaan.

Sebagai Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (HMPS PBA), dia telah menunjukkan kepemimpinan yang tangguh dalam memajukan mahasiswa di bidang studi tersebut.

Selain itu, peran aktifnya sebagai Ketua Umum Unit Kegiatan Mahasiswa Pengembangan Ilmu dan Seni Al Quran (UKM PISA) membuktikan komitmennya dalam mengembangkan potensi mahasiswa dalam memahami dan mengaplikasikan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Prestasi akademik Marjanul Hayat juga mengesankan. Dari meraih Juara 1 dalam Debat Bahasa Arab PKM II Padang, hingga menjadi Juara 2 dalam Debat bahasa Arab OASE PTKI I Aceh.

Selain itu, ia meraih Juara 1 dalam lomba Qiraatul Kutub OASE II Jakarta dan Juara 1 Qiraatul Kutub PKM III Jambi, Marjanul Hayat telah menunjukkan keunggulan dalam kompetisi akademik.

Prestasinya tidak hanya mengukir sejarah dalam lingkungan kampus, tetapi juga memberikan contoh bagi generasi muda bahwa dengan tekad yang kuat, tidak ada hal yang tidak mungkin untuk dicapai.

Selain aktif mengumpulkan prestasi, sehari-hari Marjanul Hayat juga rajin membantu ibunda tercinta berjualan di Kantin Pesantren Darul Ihsan. Kini ia bercita-cita dapat melanjutkan studi S2 setelah lulus sarjana S1.

Gaya Hidup Terkini