Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

Tujuh Amalan Penting Sambut Bulan Suci Ramadhan

Tujuh Amalan Penting Sambut Bulan Suci Ramadhan

Tinggal beberapa hari lagi, umat Islam akan berjumpa dengan bulan Ramadhan 1445 H. Bulan ini selalu dirindukan oleh seluruh umat Muslim karena terdapat pahala yang dilipatgandakan serta adanya ampunan Allah swt. 

Tak hanya itu, di bulan Ramadhan umat Islam akan menemui Lailatul Qadar atau malam 1000 bulan. Keutamaan lainnya yaitu yaitu pintu surga dibuka untuk umat Islam, sementara pintu neraka ditutup.

Berkenaan dengan keutamaan dan keistimewaan tersebut, umat Islam harus menyiapkan diri dalam menyambut bulan penuh berkah tersebut. Persiapan tersebut dinilai penting untuk memastikan bulan Ramadhan tidak kita sia-siakan begitu saja. 

Lalu, apa saja yang harus kita lakukan sebagai bekal kita dalam menyambut bulan Ramadhan itu? Ada beberapa hal yang perlu kita kerjakan untuk menyiapkan diri sebelum Ramadhan itu tiba. 

Pertama, membaca doa-doa untuk menyambut kedatangan Ramadhan. Di antaranya adalah doa yang kerap kali kita dengar sedari bulan Rajab. Sebagaimana berikut:


 اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِي رَمَضَانَ


Artinya, “Ya Allah berkahilah kami di dalam bulan Rajab dan Sya'ban, dan sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan.” (HR Ahmad).


Atau doa berikut ini: 


اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِيْ إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـيْ رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِيْ مُتَقَبَّلاً

Artinya, “Ya Allah, selamatkan aku hingga sampai Ramadhan, dan selamatkan Ramadhan untukku, dan terimalah Ramadhan dariku dengan benar-benar diterima.” (Doa Yahya bin Abi Katsir dalam Hilyah).

Kedua, yang harus kita lakukan adalah meneguhkan niat-niat utama sebelum masuk Ramadhan. Di antaranya niat tadarus Al-Qur'an dengan merenungi maknanya, niat tobat sebenar-benarnya dari dosa yang telah lewat, niat menjadikan Ramadhan sebagai permulaan untuk melakukan amal saleh dan kebaikan selamanya seizin Allah ta'ala, dan niat-niat terbaik lainnya.

Persiapan yang ketiga, adalah membaca kitab, buku dan artikel ilmiah tentang Ramadhan, sebagai bekal keilmuan sebelum masuk Ramadhan. Hal ini sangat penting agar Ramadhan kita berkualitas. Misalkan membaca artikel atau kitab yang menjelaskan tata cara berpuasa Ramadhan, ibadah-ibadah sunnah yang dianjurkan dikerjakan di bulan Ramadhan, dan seterusnya. Hidup di zaman sekarang sejumlah artikel dan kitab-kitab salaf yang menerangkan seputar Ramadhan bisa dengan mudah kita temui di internet melalui gawai yang kita miliki. 

Adapun yang keempat yaitu mempersiapkan kesehatan fisik dan psikis agar dapat menjalankan ibadah di sepanjang Ramadhan secara optimal. Terutama puasa dan amalan-amalan sunnah, seperti i'tikaf, shalat malam, shalat tarawih, dan amalan-amalan lainnya. 

Persiapan yang kelima adalah mempersiapkan budget khusus untuk sedekah, infak, dan nafkah untuk keluarga selama Ramadhan dengan niat meraih keutamaan Ramadhan dari sisi menasarufkan harta pada jalan yang terbaik di bulan mulia, bulan Ramadhan.

Hadits Rasulullah saw menyebutkan bahwa bersedekah di bulan Ramadhan memiliki nilia yang sangat besar:

 
عَنْ اَنَسٍ قِيْلَ يَارَسُولَ اللهِ اَيُّ الصَّدَقَةِ اَفْضَلُ؟ قَالَ: صَدَقَةٌ فِى رَمَضَانَ


Artinya, "Dari Anas dikatakan, Wahai Rasulullah, sedekah apa yang nilainya paling utama? Rasul menjawab, Sedekah di bulan Ramadhan". (HR At-Tirmidzi)

Hal keenam yang perlu kita lakukan adalah mengucapkan tahniah atau selamat datang Ramadhan kepada sesama Muslim. Hal ini sebagaimana Nabi Muhammad saw memberi kabar gembira kepada para sahabat atas datangnya bulan Ramadhan. Rasulullah saw bersabda:


 قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ مُبَارَكٌ، اُفْتُرِضَ عَلَيْكُمْ صِيَامُهُ، تُفْتَحُ فِيْهِ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ، وَتُغْلَقُ فِيْهِ أَبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلُّ فِيْهِ الشَّيَاطِيْنُ، فِيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ ألْفِ شَهْرٍ، مَنْ حُرِمَ خَيْرُهَا فَقَدْ حُرِمَ


Artinya, "Sungguh telah datang kepada kalian bulan mulia. Diwajibkan kepada kalian puasanya, di dalamnya pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka dikunci, dan setan-setan dibelenggu. Di dalamnya ada malam yang lebih baik daripada 1000 malam. Siapa saja yang terhalang dari kebaikannya, maka ia terhalang dari kebaikan." (HR Ahmad dan An-Nasai). 

Yang terakhir yaitu membaca doa ketika melihat hilal Ramadhan. Di antaranya adalah doa berikut:


اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ، وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلَامِ، رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ هِلَالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ


Artinya, “Ya Allah, jadikanlah bulan Ramadhan ini ‘membawa’ keamanan, keimanan, keselamatan, keislaman bagi kami. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah, wahai bulan petunjuk dan kebaikan.” (HR Ahmad dan At-Tirmidzi).

Demikian sejumlah amalan penting untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Semoga kita semua bisa mengamalkannya. Amiin.


Editor:
JADWAL SHOLAT
15 April 2024
05 Syawal 1445
Imsak
04:28
Subuh
04:38
Dzuhur
11:55
Ashar
15:15
Magrib
17:54
Isya'
19:04

Hikmah Terkini