Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

23 Jebolan SMA Taruna Nusantara yang Pecah Bintang di TNI-Polri, Ada Danpaspampres hingga Kapolda

23 Jebolan SMA Taruna Nusantara yang Pecah Bintang di TNI-Polri, Ada Danpaspampres hingga Kapolda

JAKARTA, (ERAKINI) - SMA Taruna Nusantara yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah, merupakan salah satu sekolah terbaik di Indonesia. SMA Taruna Nusantara masuk dalam daftar 100 sekolah terbaik versi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

SMA Taruna Nusantara yang resmi berdiri pada tahun 1990 telah melahirkan banyak lulusan-lulusan top. Sebagai sekolah berbasis semi-militer, alumni SMA Taruna Nusantara telah banyak yang sukses berkarier di TNI dan Polri.

Nama Mayor Mayor TNI Teddy Indra Wijaya yang tengah diganderungi kaum hawa di Tanah Air merupakan salah satu alumni SMA Taruna Nusantara angkatan ke 15. Lulus SMA, ajudan Menhan Prabowo Subianto itu melanjutkan pendidikan di Akademi Militer (Akmil) dan lulus tahun 2011.

Selain Mayor Teddy, ada nama Mayor TNI Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). AHY baru saja dilantik jadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR), merupakan salah satu lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara angkatan 1997. Namun, karier AHY berhenti di pangkat Mayor lantaran memutuskan terjun ke politik.

Tercatat sudah puluhan alumni SMA Taruna Nusantara yang berkarier cemerlang dengan pangkat perwira menengah (pamen) dan perwira tinggi (pati), baik di TNI mapun Polri.

Dari puluhan alumni tersebut, Erakini merangkum sejumlah alumni SMA Taruna Nusantara yang sudah pecah bintang atau pangkat jenderal. Bukan hanya pecah bintang, tetapi mereka mendapat jabatan strategis.

Berikut 23 jebolan SMA Taruna Nusantara Magelang yang telah pecah bintang di satuan TNI dan Polri, diolah dari laman resmi SMA Taruna Nusantara dan Wikipedia, Rabu (21/2/2024):

Matra TNI Angkatan Darat (AD)

1. Brigjen Lucky Avianto
Brigjen TNI Lucky Avianto merupakan angkatan pertama SMA Taruna Nusantara Magelang dan lulus tahun 1993. Pria kelahiran 2 Oktober 1974 ini merupakan Pati TNI AD yang sejak 29 November 2023 menjabat sebagai  Wakil Asisten Operasi Bidang Kesiapan Satuan (Waasops) KSAD Bidang Siapsat.

Lucky Avianto merupakan lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) dan penerima Adhi Makayasa tahun 1996. Dia juga merupakan lulusan terbaik Dikreg Seskoad Angkatan XLIX Tahun 2011, dan lulusan terbaik Dikreg XLVI Sesko TNI tahun 2019, serta Lulusan Terbaik Akademik di PPSA XXIV Lemhannas Tahun 2023 yang mahir bidang Infanteri baret merah. Jabatan terakhir jenderal bintang satu ini sebelum Waasops adalah Staf Khusus KSAD.

2. Brigjen Agus Bhakti
Brigjen TNI Agus Bhakti juga angkatan pertama SMA Teruna Nusantara Magelang ((1990-1993). Pati TNI AD ini sejak 31 Mei 2023 mengemban amanat sebagai Komandan Korem 162/Wira Bhakti.

Pria kehairan 3 Agustus 1975 merupakan lulusan Akmil 1996 dari kecabangan Infanteri (Kopassus). Jabatan terakhir jenderal bintang satu ini adalah Paban VI/Hublu Sintelad.

3. Mayjen Rudy Saladin
Mayjen TNI Rudy Saladin merupakan alumni SMA Taruna Nusantara Magelang tahun 1994. Pria kelahiran 17 September 1975 saat ini menjabat Sekretaris Militer Presiden.

Pati TNI-AD merupakan peraih Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama Akademi Militer (1997). Ia pernah menduduki sejumlah jabatan penting, seperti mantan Ajudan Presiden Jokowi, Komandan Korem 074/Warastratama, Danrem 061/Surya Kencana, dan terakhir Staf Khusus KSAD.

4. Mayjen Achiruddin
Mayjen TNI Achiruddin satu angkatan dengan Rudy Saladin di SMA Taruna Nusantara Magelang (1991-1994).Pria kelahiran 15 November 1975 ini sejak 29 November 2023 menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres).

Pati TNI AD ini merupakan lulusan Akmil 1997 dari kecabangan Infanteri (Kopassus). Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini sebelum Danpaspampres adalah Wadanjen Kopassus.

5. Brigjen Edwin Adrian Sumantha
Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha merupakan angkatan kedua SMA Taruna Nusantara Magelang (1991-1994). Ia saat ini menjabat Kepala Biro Humas Setjen Kemhan RI.

Sebelumnya ia bertugas sebagai Komandan Resimen Candradimuka Akademi TNI. Pria kelahiran 23 Oktober 1975 ini merupakan Pati TNI AD yang memulai karier dari pasukan elite Kopassus.

6. Brigjen Kristomei Sianturi
Brigjen TNI Kristomei Sianturi merupakan lulusan  SMA Taruna Nusantara Magelang tahun 1994. Pria kelahiran tahun 1976) adalah seorang perwira tinggi TNI AD yang sejak 2 Oktober 2023 mengemban amanat sebagai Kadispenad.

7. Brigjen Putra Widyawinaya
Brigjen TNI Putra Widyawinaya adalah  Pati TNI AD yang sejak 29 November 2023 mengemban amanat sebagai Asisten Intelijen Kepala Staf Kostrad.

Lulusan SMA Taruna Nusantara tahun 1994 ini merupakan lulusan Akmil 1997 yang berasal dari kecabangan Korps Infanteri. Pria kelahiran 10 Desember 1975 ini sebelumnya menjabat Paban IV/Pam Sintelad.

8. Brigjen Dwi Sasongko  
Brigjen TNI Dwi Sasongko sejak 27 April 2023 menjabat sebagai Danmentar Akmil. Ia merupakan alumni SMA Taruna Nusantara tahun 1995. 

Dwi Sasongko juga lulusan terbaik dan penerima Adhi Makayasa Akmil 1998 yang berasal dari kecabangan korps Infanteri. Jabatan terakhir jenderal bintang satu ini adalah sebagai Paban VI/Kermalat Non Asean Slatad.

9. Brigjen Mohammad Imam Gogor Agnie Aditya
Brigadir Jenderal TNI Mohammad Imam Gogor Agnie Aditya saat ini menjabat Asisten Personel Kaskostrad. Mohammad Imam masuk SMA Taruna Nusantara angkatan ketiga dan lulus tahun 1995.

Pati TNI AD kelahiran 16 Februari 1977 ini pernah menduduki sejumlah jabatan penting. Di antaranya mantan Ajudan Presiden RI Joko Widodo dan Komandan Korem 083/Baladhika Jaya.

Matra TNI AU

10. Marsekal Muda Mohammad Nurdin
Marsekal Muda TNI Mohammad Nurdin merupakan angkatan pertama SMA Taruna Nusantara dan lulus tahun 1993.

Pria kelahiran 19 November 1974 adalah Pati TNI AU lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) TNI tahun 1996 yang saat ini menjabat Panglima Komando Operasi Angkatan Udara I.

Nurdin tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting. Dia adalah mantan Ajudan Presiden RI Joko Widodo. Dia kemudian menjabat sebagai Danlanud Sulaiman, Pangkosekhanudnas III/Medan, Dankosek I Koopsud I, Danlanud Roesmin Nurjadin, dan terakhir sebagai Pangkoopsud I.

Nurdin juga merupakan orang ke 9 dari 100 orang penerbang tempur di Skadron Udara 14 yang bisa mencapai 2000 jam terbang dengan pesawat tempur F-5 Tiger II.

11. Marsekal Pertama Frederick Situmorang Marsekal Pertama TNI Marsekal Pertama Frederick Situmorang adalah Pati TNI-AU yang sejak 29 Juli 2022 menjabat sebagai Staf Khusus KSAU.

Ia menempuh pendidikan di SMA Taruna Nusantara tahun 1990-1993. Frederick merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1996 dari kecabangan Korps Penerbang. Jabatan terakhir jenderal bintang satu ini adalah Kapok Sahli Koopsudnas.

12. Marsekal Pertama Wastum  
Marsekal Pertama TNI Wastum seangkatan dengan Nurdin lulusan tahun 1993. Pria kelahiran 7 Desember 1974 ini adalah Pati TNI-AU yang sejak 19 Januari 2024 menjabat taf Khusus KSAU.

Wastum merupakan alumnus terbaik AAU 1996, lulusan terbaik Sekbang angkatan 56 tahun 1998, serta lulusan terbaik Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau) Angkatan 48 tahun 2011.Jabatan terakhir jenderal bintang satu ini adalah Wakil Asisten Operasi Panglima TNI.

13. Marsekal Pertama Ali Gusman
Marsma TNI Ali Gusman merupakan angkatan pertama SMA Taruna Nusantara yang saat ini menjabat Komandan Sekolah Komando Kesatuan TNI Angkatan Udara (Dansekkau). Jaabatan ini diembannya sejak 1 Februari 2023.

Ali Gusman merupakan Alumni AAU 1996. Sederet jabatan strategis pernah ia duduki, di antaranyaAjudan Wakil Presiden , Komandan Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma, dan Danlanud Husein Sastranegara.

14. Marsekal Pertama Firman Dwi Cahyono
Alumni angkatan pertama SMA Taruna Nusantara ini sejak 2 Oktober 2023 mengemban tugas sebagai Komandan Pangkalan Udara Iswahyudi.

Marsekal Pertama TNI Firman Dwi Cahyono merupakan lulusan AAU 1996. Jabatan terakhir jenderal bintang satu ini adalah Kepala Pusat Kerja Sama Internasional TNI.

Pada 20 Agustus 2014, dia berhasil mencatatkan rekor meraih 2000 jam terbang dengan menggunakan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon. Dia juga pernah menjabat sebagai Athan di KBRI Moskow, Rusia tahun 2018-2021.

15. Marsekal Pertama Destianto Nugroho Utomo
Marsekal Pertama TNI Destianto Nugroho Utomo merupakan angkatan pertama SMA Taruna Nusantara yang sejak 2 Oktober 2023 mengemban amanat sebagai Komandan Lanud Halim Perdanakusuma.

Destianto merupakan lulusan AUU 1996. Jabatan terakhir jenderal bintang satu ini adalah Dir B Bais TNI.
MA Taruna Nusantara (1993

Matra TNI AL

16. Laksma  Muhammad Iwan Kusumah
Laksma M Iwan Kusumah merupakan angkatan pertama SMA Taruna Nusantara yang saat ini menjabat Komandan Kodikopsla (Dankodikopsla). Alumni AAL Tahun 1997 ini sebelumnya menjabat sebagai Paban I Jakrenstra Srena Kasal.

Polri

17. Irjen Jhonny Edison Isir
Irjen Pol Jhonny Edison Isir sejak 7 Desember 2023 menjabat  sebagai Kapolda Papua Barat. Pria kelahira 7 Juni 1975 merupakan alumni SMA Taruna Nusantara tahun 1993. Ia tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting.

Dia pernah menjabat ajudan Presiden Joko Widodo. Kemudian menjabat Irbidjemensdm II Itwil V Itwasum Polri, Analis Kebijakan Madya Bidang Binkar SSDM Polri, Kapolrestabes Medan, Kapolrestabes Surabaya, Wakapolda Sulut, dan Karojianstra Sops Polri.

18. Irjen Barito Mulyo Ratmono
Irjen Pol Barito Mulyo Ratmono menempuh pendidikan di SMA Taruna Nusantara Magelang angkatan I. Saat ini ia menjabat Staf Ahli di Badan Intelijen Negara (BIN).

Jabatan yang pernah diemban Barito, di antaranya Kapolsek Selektif Purwokerto dan Kasat Intelkam Polres Cilacap Polda Jawa Tengah, Kasat Intelkam Polres Singkawang Polda Kalimantan Barat, Kasubag Evaluasi dan Validasi Akpol, Kapolres Konawe Polda Sulawesi Tenggara, dan Wakil Direktur Intelkam Polda Jawa Barat.

19. Brigjen Hando Wibowo
Brigjen Pol Hando Wibowo sejak 17 Desember 2021 menjabat sebagai Direktur Penegakan Hukum BNPT. Hando merupakan lulusan Akpol 1996 ini berpengalaman dalam bidang reserse.

Pria kelahiran 2 September 1974 ini menempuh pendidikan di SMA Taruna Nusantara angkatan I. Ia saat ini bertugas sebagai tim supervisi Mabes Polri

20. Brigjen Simson Zet Ringu
Brigjen Pol Simson Zet Ringu juga angakat I di SMA Taruna Nusantara. Pria kelahiran 3 Maret 1974  sejak 16 November 2020 mengemban amanat sebagai Direktur Intelijen Densus 88 AT Polri.

Lulusan Akpol 1996 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang satu ini adalah Analis Kebijakan Madya Bidang Intelijen Densus 88 AT Polri.

21. Brigjen Dayan Victor Imanuel Blegur
Brigjen Pol Dayan Viktor Imanuel Blegur menjabat Direktur Perlindungan dan Pemberdayaan, Deputi Bidang Penempatan dan Perlindungan Kawasan Eropa dan Timur Tengah BP2MI.

Lulusan angkatan I SMA Taruna Nusantara ini juga pernah menjabat sebagai Kasatgaswil DKI Jakarta Densus 88 AT Polri saat berpangkat Kombes. Sebelumnya lagi, Dayan menduduki jabatan Kabagops Densus 88.

22. Brigjen Erwin Kurniawan
Brigjen Pol Erwin Kurniawan lahir 19 Agustus 1974. Lulusan SMA Taruna Nusantara tahun 1993 ini sejak 7 Desember 2023 menjabat sebagai Karobinopsnal Baharkam Polri.

Lulusan Akpol 1996 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang satu ini adalah Kabagrenops Robinops Sops Polri.

23. Brigjen Hengki Haryadi
Brigjen Pol Hengki Haryadi sejak 7 Desember 2023 menjabat sebagai Penyidik Tindak Pidana Utama Tingkat II Bareskrim Polri.

Lulusan Akpol 1996 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang satu ini adalah Dirreskrimum Polda Metro Jaya. Lulusan SMA Taruna Nusantara tahun 1993 dikenal tegas saat bertugas di Jakarta. Dia tak segan menyikat habis pelaku premanisme.

 

Nasional Terkini