Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

Ngekos Dekat Kampus Mahal, Mahasiswa Ini Pilih Kuliah Naik Pesawat Pulang Pergi

Ngekos Dekat Kampus Mahal, Mahasiswa Ini Pilih Kuliah Naik Pesawat Pulang Pergi

JAKARTA, (ERAKINI) - Di Indonesia mungkin belum ada mahasiswa yang berangkat kuliah  ke kampus menggunakan pesawat. Tapi mahasiswa di Kanada ini memilih terbang dari kotanya pulang pergi menuju kampusnya.

Dia adalah Tim Chen, mahasiswa di Universitas British Columbia (UBC) Vancouver, Kanada. Ia mendadak viral karena menceritakan kisahnya yang memilih pulang pergi ke kampus dengan pesawat ketimbang harus ngekos (istilah kebanyakan mahasiswa di Indonesia).

Chen merupakan mahasiswa jurusan ekonomi yang sudah memasuki semester akhir di Universitas British Columbia. Ia berangkat kuliah pagi hari, dan pulang ke rumahnya malam hari di Kota Calgary menggunakan pesawat. Ia memilih cara yang tidak biasa ini karena harga sewa tempat tinggal di sekitar kampusnya melonjak.

“Saya berpikir, mengapa saya tidak tinggal di Calgary saja lalu terbang ke sini. Ini penerbangan satu jam lebih, sama seperti naik bus,” kata Chen kepada CTV News dikutip dari New York Post, Jumat (23/2/2024).

Chen mengaku sebelumnya menyewa sebuah tempat di Vancouver.  Tetapi ketika pulang liburan di musim gugur, pemilik tempat menaikkan harga sewa tinggi.

“Saat saya memeriksa harga (sewa) rumah, ada kenaikan besar. Saya harus membayar sekitar $2.500 untuk sewa. Jadi menurut saya itu tidak layak,” tandasnya.

Ia pun memilih pulang kampung, dan memutuskan naik pesawat untuk berangkat kuliah dan pulangnya. Karena, biaya naik pesawat ternyata lebih murah ketimbang dia ngekos.

Penerbangan pulang pergi dari Kota Calgary ke Vancouver hanya sekitar $111. Karena Chen hanya perlu berangkat kuliah dua kali seminggu, yakni Selasa dan Kamis, maka dia cuma menghabiskan sekitar $890 sebulan.

Sementara, apartemen satu kamar tidur di Vancouver, kota termahal untuk ditinggali di negara itu, membanderol harga sewa rata-rata $1.550 per bulan.

Jadi, Chen mengklaim dia menghemat uang melalui perjalanannya yang tidak biasa itu. “Setelah selesai kelas (kuliah), saya naik bus kembali ke bandara,” kata Chen

Calgary yang menjadi kota tempat tinggalnya Chen berjarak sekitar 700 mil sebelah Timur Vancouver. Waktu perjalanan normal menggunakana pesawat sekitar 1 jam 40 menit.

Chen bukan satu-satunya mahasiwa di UBC yang mengubah kehidupannya karena tidak mampu membayar uang sewas "kosam". Hanya, mereka memilih naik mobil.

Gaya Hidup Terkini