Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

Anti Nganggur, Ini 10 Jurusan Kuliah Paling Banyak Diincar Mahasiswa

Anti Nganggur, Ini 10 Jurusan Kuliah Paling Banyak Diincar Mahasiswa

JAKARTA, (ERAKINI) - Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun 2024 untuk perguruan tinggi baik negeri maupun swasta segera dibuka. Puluhan ribu calon mahasiswa akan memperebutkan kursi yang terbatas di masing-masing program studi (prodi) atau jurusan.

Untuk itu, penting bagi para calon mahasiswa untuk membuat keputusan yang tepat. Memilih jurusan kuliah harus didasarkan pada minat, bakat, dan tujuan karier individu.

Jadi, Anda tidak perlu ikut-ikutan masuk gerbong jurusan yang banyak diminati jika memang bakat dan kemampuan tidak mendukung. Terlebih persaingan pasti sulit.

Sebagai bahan pertimbangan dalam memilih jurusan, berikut sejumlah prodi yang selama ini banyak diincar atau dicari calon mahasiswa. Maklum, peluang kerjanya lebih menjanjikan karena banyak industri yang membutuhkan.

Jurusan kuliah yang paling dicari dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor, seperti tren industri, kebutuhan pasar kerja, dan minat individu.  Namun dalam beberapa tahun terakhir ini beberapa jurusan yang sering dicari calon mahasiswa.

1. Teknik Komputer dan Sains Komputer
Jurusan ini banyak diincar karena pertumbuhan teknologi digital yang berkembang pesat saat ini. Permintaan akan ahli di bidang pengembangan perangkat lunak, keamanan cyber, dan kecerdasan buatan, terus meningkat.

2. Bisnis dan Manajemen
Keterampilan manajemen bisnis tetap penting di berbagai sektor, termasuk keuangan, pemasaran, dan sumber daya manusia. Oleh karena itu, lulusan Bisnis dan Manajemn bakal banyak dicari.

3. Kesehatan dan Ilmu Kesehatan
Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia. Termasuk minat terhadap bidang kesehatan dan ilmu kesehatan yang meningkat. Baik dalam bidang kedokteran, perawatan kesehatan, dan ilmu kesehatan masyarakat lainnya.

4. Teknologi Informasi dan Sistem Informasi
Permintaan akan tenaga profesional IT terus meningkat seiring dengan transformasi digital di berbagai industri. Tak heran bila sarjana IT banyak dicari karena kebutuhan pasar yang besar.

5. Sains Data dan Analisis Bisnis
Jurusan Sains Data dan Analisis Bisnis kini semakin diminati menyusul samakin meningkatnya permintaan untuk ahli dalam analisis data, machine learning, dan big data.

6. Teknik Elektro dan Elektronika
Di era konektivitas yang terus berkembang saat ini, ahli dalam teknik elektro dan elektronika dibutuhkan dalam berbagai bidang, termasuk telekomunikasi, otomasi industri, dan energi terbarukan. Jadi, sudah pasti sarjana Teknik Elektro dan Elektronika tidak akan lama-lama menganggur.

7. Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika
Jurusan ini memang kurang seksi, tetapi kini semakin banyak siswa yang tertarik di bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika.Bidang ini menyediakan dasar untuk banyak bidang studi lanjutan termasuk fisika, kimia, dan matematika terapan.

8. Pendidikan
Jurusan ini sudah pasti banyak diincar karena lulusannya yang pasti dibutuhkan sampai kapan pun.  Permintaan tenaga pengajar/guru dan tenaga pendidik berkualitas dipastikan akan tetap tinggi untuk mendidik generasi mendatang.

9. Hukum
Profesi hukum banyak dicari untuk berbagai kebutuhan hukum di masyarakat. Terlebih lulusannya banyak pengacara terkenal. Jadi, jurusan Hukum masih menjadi incaran banyak calon mahasiswa.

10. Seni dan Desain
Meskipun lebih kompetitif, permintaan untuk ahli dalam desain grafis, seni visual, dan industri kreatif lainnya, masih sangat tinggi di era digital ini. Jadi, sarjana Seni dan Desain masih menjadi salah satu jurusan favorit calon mahasiswa.

 

Gaya Hidup Terkini